6 Fakta Unik Tentang Mata Manusia

6 Fakta Unik Tentang Mata Manusia
Mata adalah salah satu indra penting bagi manusia, dimana manusia bisa melihat berbagai hal seperti pemandangan alam nan indah, orang-orang yang kamu cintai, hingga hal-hal istimewa maupun pahit. Tanpa adanya mata, aktivitas sehari-hari akan sulit dilakukan.
Tetapi, pernahkah kamu membayangkan bagaimana cara kerja mata hingga kita bisa melihat dunia? Ternyata mata memiliki tugas yang tidak sederhana dan kompleks. Seberapa banyak kamu mengenal anggota tubuh yang satu ini? Berikut kami sajikan 6 fakta unik tentang mata manusia.


1. Hanya Butuh 1/10 Detik Untuk Melihat Sesuatu

-
Mata bekerja sangat cepat ketika kornea memfokuskan cahaya ke retina. Berdasarkan penelitian, mata manusia hanya membutuhkan 1/10 detik untuk melihat. Saat mata melihat sesuatu, mata langsung memberikan sinyal ke otak untuk memberitahu apa objek yang dilihat.

Kolaborasi mata dan otak dapat menghasilkan prediksi. Misalnya saat seseorang melempar bola bisbol, maka pemukul bisa memprediksi dengan cepat arah gerak bola dan kapan harus mengayunkan tongkat.


2. Dapat Melihat Jutaan Warna Berbeda

-
Spektrum yang terlihat oleh manusia berada di antara sinar ultraviolet dan inframerah. Ilmuwan memperkirakan manusia dapat membedakan dan melihat 1 juta warna yang berbeda.

Mereka yang buta warna pun masih bisa membedakan 100 ribu warna. Bahkan, ada kondisi dimana seseorang mampu melihat 100 juta warna yang disebut tetrachromat dan dianggap sebagai kemampuan penglihatan super. Diperkirakan hanya 12% populasi dunia yang memiliki kemampuan ini.


3. Semua yang Dilihat Mata Sebenarnya Terbalik

-
Secara teknis, sebenarnya lensa mata menangkap gambar suatu objek dengan posisi terbalik dari atas ke bawah pada retina. Jadi, bagaimana kita bisa melihat berbagai hal sesuai dengan bentuk sebenarnya?

Otaklah yang akan 'membalik' gambar yang ditangkap mata menggunakan koreksi vestibular, sehingga terlihat seperti yang seharusnya. Ini adalah kerja sama luar biasa dalam tubuh yang tak disadari dan merupakan bukti bahwa Tuhan adalah pencipta yang tiada bandingnya di alam semesta.


4. Iris Mata Lebih Akurat Daripada Sidik Jari

-
Saat ini, sidik jari sangat umum digunakan untuk mengidentifikasi suatu individu karena memiliki pola yang berbeda pada setiap orang. Setidaknya ada sekitar 40 karakteristik unik pada sidik jari yang menjadikan suatu ciri khas.

Faktanya, Iris mata memiliki 256 karakteristik unik, sehingga 6 kali lebih akurat dibandingkan sidik jari. Hal ini membuat suatu individu sulit tertukar jika identifikasi dilakukan berdasarkan iris mata.


5. Mata Berkedip 4,2 Juta Kali dalam Setahun

-
Saat berkedip, mata terlapisi dengan campuran minyak dan sekresi lendir tertentu. Mata berkedip untuk melumasi mata agar tidak kering dan juga melindungi dari debu, udara, dan cahaya yang terang.

Faktanya, dalam 1 menit manusia berkedip sebanyak 15-20 kali. Maka dalam 1 tahun, mata manusia berkedip kira-kira sebanyak 4.200.000 per tahun. Kesimpulannya adalah rata-rata manusia berkedip sekitar 10% dari total waktu saat mata terjaga.


6. Mata Lebih Jarang Berkedip Saat Menggunakan Gadget

-
Dewasa ini, Gadget menjadi kebutuhan untuk melakukan pekerjaan, pendidikan, hingga hiburan. Mata manusia yang normalnya berkedip sebanyak 15-20 kali dalam semenit, saat menggunakan gadget menjadi 2 kali lebih jarang hingga 5-10 kali saja dalam semenit.

Menurunnya frekuensi berkedip rentan menimbulkan gejala mata kering seperti mata perih atau panas, merah dan berair, atau gatal. Jika diabaikan dapat menimbulkan kerusakan pada mata.

Jika mempunyai keluhan mata seperti katarak, mata kering, mata lelah, pandangan kabur, dan sebagainya, kamu sebaiknya rutin mengonsumsi PROMIC/JUSPRO yang telah terbukti ampuh mengatasi masalah mata berdasarkan testimoni pengguna. Selain itu, mengonsumsi PROMIC/JUSPRO juga dapat menjaga mata tetap sehat dan mencegah terjadinya berbagai masalah pada mata.


...

#TESTIMONIPROMIC MATA


-

-

-

Walaupun dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, perlu diketahui, Promic bukan kategori obat ya.. melainkan kategori pangan fungsional.



...


Dapatkan PROMIC Disini:

Baca Juga:

Alamat
Jalan Sukorejo, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir TImur Tiga, Palembang, Sumatera Selatan
-
@2024 Promic Official Inc.