7 Fakta Unik Tentang Tidur

7 Fakta Unik Tentang Tidur
Tidur dan istirahat merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar manusia. Manusia menghabiskan sekitar sepertiga hidupnya untuk tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Waktu tidur yang cukup bagi manusia dewasa adalah sekitar 7-9 jam dalam sehari.

Tanpa disadari, ada banyak fakta-fakta unik mengenai tidur yang mungkin pernah kamu alami atau yang tidak kamu sadari. Berikut ini kami sajikan 7 fakta unik tentang tidur.


1. Mengendalikan Nafsu Makan.

-
Kurang tidur mengacaukan produksi hormon ghrelin (sinyal lapar) dan hormon leptin (sinyal kenyang), yang berpengaruh terhadap nafsu makan. Oleh sebab itu, tidur cukup dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan loh.

Selain itu, saat tidur tubuh menurunkan suhu untuk memperlambat metabolisme tubuh agar dapat tidur berjam-jam tanpa merasa lapar. Sebaliknya, orang yang kurang atau bahkan tidak tidur akan lebih cepat merasa lapar.


2. Otak Melakukan Pembersihan.

-
Saat tidur, otak membuang kotoran yang tidak terpakai oleh tubuh. Saat kamu beraktivitas, racun dan limbah akan menumpuk di sel otak dan tubuh.

Namun saat tidur, cairan serebrospinal akan mengalir dari tulang belakang menuju otak, lalu membilas berbagai zat-zat sisa dan racun. Proses ini disebut juga dengan respirasi seluler, yaitu serangkaian proses reaksi yang membantu sel dalam menciptakan energi dan nutrisi, serta menjaga tubuh tetap bekerja.


3. Menajamkan Ingatan.

-
Sepanjang hari manusia menciptakan memori-memori baru dengan mengunjungi berbagai tempat, berinteraksi dengan orang lain, menerima informasi, melakukan berbagau kegiatan, dan sebagainya.

Saat tidur, otak manusia memutar ulang peristiwa pada hari itu, mengelompokkan, lalu menyimpannya di pusat memori jangka panjang. Sedangkan ingatan-ingatan yang tak perlu akan dibuang.

4. Bikin Panjang Umur.

-
Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai risiko buruk kesehatan. Bahkan beberapa studi menjelaskan kurang tidur lebih membahayakan dari kurang makan.

Sebaliknya, tidur yang cukup dan berkualitas memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Penelitian menunjukkan bahwa kamu dapat meningkatkan harapan hidup lebih panjang jika memenuhi waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

5. Tidak Pernah Berhenti Bekerja.

-
Saat tidur, otak mengonsumsi energi lebih tinggi daripada saat terjaga. Karena saat bangun, 80% energi akan digunakan untuk beraktivitas. Namun pada saat tidur, kelebihan energi ini akan dialihkan ke otak.

Energi ini dimanfaatkan otak untuk berbagai hal, seperti memperkuat koneksi saraf tubuh dan membuang racun dari tubuh. Selain itu, pada saat tidur otak digunakan untuk jalur komunikasi antara sel-sel syaraf.

6. Sensasi "Jatuh Bebas".

-
Adakalanya saat akan tidur, kita tiba-tiba tersentak karena merasa seolah-olah sedang terjatuh dari ketinggian. Meski lebih umum terjadi pada anak-anak, namun hal ini juga dapat terjadi pada manusia dewasa.

Kondisi ini dikenal dengan hypnic jerk. Dimana saat menjelang tidur, semua otot pada tubuh berelaksasi (longgar) menyebabkan otak menerima sinyal bahwa kamu sedang terjatuh. Oleh sebab itu, otot-otot akan mendadak berkontraksi yang menyebabkan kamu terbangun dan tersentak.


7. ±28 Juta Penduduk Indonesia Mengalami Insomnia.

-
Penelitian menyebutkan bahwa penderita insomnia di Indonesia dilaporkan mencapai angka 28 juta orang atau 10% dari jumlah populasi di Indonesia. Ini merupakan angka tertinggi di Asia.

Insomnia adalah jenis gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan atau tidak bisa tidur. Insomnia dapat terjadi karena berbagai masalah fisik atau psikologis seperti kecemasan, depresi, dan stres yang berkepanjangan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia, diantaranya dengan menetapkan jadwal tidur, tidak menggunakan tablet menjelang tidur, terus berpikir positif, dan minum PROMIC/JUSPRO setiap hari yang telah terbukti ampuh meningkatkan kualitas tidur berdasarkan testimoni pengguna.


...

#TESTIMONIPROMIC SUSAH TIDUR


-

-

Walaupun dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, perlu diketahui, Promic bukan kategori obat ya.. melainkan kategori pangan fungsional.



...

Dapatkan PROMIC Disini:

Baca Juga:

Alamat
Jalan Sukorejo, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir TImur Tiga, Palembang, Sumatera Selatan
-
@2024 Promic Official Inc.