Digigit Serangga? Begini Cara Mengatasinya

Digigit Serangga? Begini Cara Mengatasinya
Serangga adalah salah satu jenis hewan-hewan kecil yang ada di sekitar kita. Setiap serangga memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan diri, salah satunya dengan gigitan atau sengatan. Meskipun kecil, gigitan/sengatan serangga menimbulkan efek yang tidak nyaman bagi tubuh. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa gatal-gatal, bentol-bentol atau perih.

Walaupun terdengar sepele, gigitan serangga tertentu dapat menimbulkan reaksi yang parah. Infeksi parah memerlukan perawatan intensif. Namun jika gejala tergolong ringan, gigitan serangga dapat diatasi secara mandiri dengan perawatan sederhana. Jadi, apa yang harus dilakukan ketika digigit serangga? Berikut ini kami sajikan cara untuk mengatasi gigitan/sengatan serangga.


Pertolongan Pertama saat Digigit Serangga


1. Ketahui Jenis Serangga

-
Kamu perlu mengetahui jenis serangga apa yang menyerang terlebih dahulu. Gigitan/serangga serangga yang berbeda seperti nyamuk, kutu, tungau, tawon atau lebah menimbulkan gejala dan reaksi yang berbeda pada kulit.

Gejala yang berbeda tentunya akan membutuhkan penanganan dan pengobatan yang berbeda pula. Jika menimbulkan reaksi atau infeksi yang parah sebaiknya segera dibawa ke dokter.


2. Keluarkan Penyengat

-
Jika kamu digigit oleh lebah, tawon atau serangga apa pun yang menyengat, kamu harus lepaskan penyengatnya terlebih dahulu sebelum diobati.

Untuk melepaskannya, lakukan dengan cara gosok perlahan area yang terdapat sengatan dengan benda yang rata. Hindari mencabut atau menjepit penyengat dengan menggunakan jari, maupun pinset karena malah dapat menyebarkan banyak racun.


3. Bersihkan Bekas Gigitan

-
Setelah mengeluarkan penyengat, jangan lupa untuk membersihkan area yang digigit terlebih dahulu. Tujuannya agar area sekitar gigitan tetap bersih dan higienis.

Caranya adalah dengan membersihkan area gigitan dengan sabun dan air. Akan lebih baik sabun yang digunakan menggunakan sabun antiseptik. Atau kamu juga bisa membersihkan area gigitan menggunakan JUSPRO/PROMIC yang merupakan antibakteri alami.


4. Jangan Menggaruk Area Gigitan

-
Kamu harus menghindari untuk menggaruk area gigitan. Area gigitan memang umumnya akan menimbulkan rasa gatal, sehingga kamu mungkin sangat ingin menggaruknya. Tetapi kamu harus menahannya, karena menggaruk hanya akan memperparah rasa sakit dan rentan menyebabkan infeksi.

Untuk membantu supaya rasa gatal yang ditimbulkan berkurang, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.



Cara Meredakan Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga


1. Es Batu

-
Es batu adalah bahan sederhana yang bisa dengan mudah diperoleh. Mengompres area gigitan serangga dengan menggunakan es batu terbukti efektif untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah terjadinya pembengkakan.

Namun, jangan menempelkan es secara langsung ke kulit. Kamu bisa membalut es menggunakan kain yang bersih terlebih dahulu, lalu kompres di area bekas gigitan/sengatan serangga.


2. Soda Kue

-
Soda kue merupakan salah satu bahan makanan yang umumnya tersedia di dapur rumah. Ternyata, soda kue mampu menghilangkan bakteri serta mencegah infeksi. Kandungan alkalin dan bikarbonat dalam soda kue bekerja menetralkan kadar pH di area yang terinfeksi.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue dengan air hangat secukupnya, lalu dioleskan ke area yang digigit. Tunggu selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas.


3. PROMIC/JUSPRO

-
PROMIC/JUSPRO terbukti ampuh dan cepat untuk mengobati bekas gigitan/sengatan serangga berdasarkan hasil testimoni pengguna.

Kamu bisa mengoleskan PROMIC/JUSPRO ke area bekas gigitan serangga secara langsung atau kamu juga bisa basahi kapas atau kain dengan PROMIC/JUSPRO, lalu tempelkan ke area gigitan serangga. Kamu juga bisa memblender ampas JUSPRO jika ada, lalu oleskan ke area bekas gigitan serangga.


...

#TESTIMONIPROMIC GIGITAN SERANGGA


-

-

Walaupun dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, perlu diketahui, Promic bukan kategori obat ya.. melainkan kategori pangan fungsional.



...


Dapatkan PROMIC Disini:

Baca Juga:

Alamat
Jalan Sukorejo, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir TImur Tiga, Palembang, Sumatera Selatan
-
@2024 Promic Official Inc.