Kurang Vitamin C Bukan Penyebab Sariawan!

Kurang Vitamin C Bukan Penyebab Sariawan!
Sariawan atau dalam dunia medis dikenal dengan stomatitis aphtosa adalah luka/peradangan di bibir dan di dalam mulut yang dapat disebabkan oleh banyak faktor. Sariawan bukanlah penyakit serius, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan terutama saat penderitanya sedang makan, minum, atau bicara.

Banyak informasi beredar di masyarakat terkait sariawan. Ada yang benar, namun tak sedikit yang setelah diteliti hanyalah mitos belaka. Lantas, apa saja mitos sariawan yang sering beredar? Berikut ini kami sajikan 3 mitos seputar sariawan.


1. Disebabkan Kekurangan Vitamin C

-
Banyak anggapan jika sariawan muncul karena kekurangan vitamin C. Faktanya, justru kelebihan vitamin C yang dapat menyebabkan sariawan. Kekurangan vitamin C lebih berkaitan dengan terjadinya radang gusi dibandingkan sariawan. Untuk mencegah sariawan, batasi konsumsi vitamin C sekitar 40mg per hari.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sariawan justru disebabkan oleh kekurangan vitamin B9 (asam folat) dan B12 (kobalamin) di dalam tubuh.


2. Makanan Pedas Dapat Memicu Sariawan

-
"Makan pedas terus, nanti sariawan loh!" Eitss... ternyata anggapan timbulnya sariawan karena makan makanan pedas adalah mitos.

Faktanya, kandungan capsaicin (zat yang membuat kita merasakan pedas saat mengonsumsi cabai) malah mempunyai efek preventif atau pencegahan. Hal ini karena capcaisin dapat mengubah keasaman rongga mulut, sehingga membuat bakteri sariawan tidak dapat hidup dan berkembang di dalam mulut.


3. Menempelkan Cabai/Buah Asam Dapat Menyembuhkan Sariawan

-
Pernah menempelkan buah asam atau cabai ke sariawan agar bisa cepat sembuh? Anggapan tersebut hanyalah mitos. Makanan pedas dapat mencegah timbulnya sariawan, namun ketika sariawan sudah ada malah bisa memperparah. Karena, efek pedas akan mengiritasi dan membuat jaringan di bawah mulut terbakar sehingga timbul peradangan.
Begitu juga dengan menempelkan buah asam. Zat asam dapat menimbulkan luka baru atau melebarkan luka yang sudah ada.


Cara Menyembuhkan Sariawan

Salah satu cara untuk mencegah, sekaligus mengobati sariawan adalah dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan flora di dalam mulut. Minum PROMIC/JUSPRO yang terbukti ampuh untuk menyembuhkan sariawan berdasarkan testimoni pengguna.


...

#TESTIMONIPROMIC SARIAWAN


-

-

Walaupun dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, perlu diketahui, Promic bukan kategori obat ya.. melainkan kategori pangan fungsional.



...


Dapatkan PROMIC Disini:

Baca Juga:

Alamat
Jalan Sukorejo, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir TImur Tiga, Palembang, Sumatera Selatan
-
@2024 Promic Official Inc.